Menyimpan hasil perintah Command Prompt ke dalam file

Sore :)
Kali ini saya akan memberikan tutorial Menyimpan hasil perintah Command Prompt ke dalam file
mungkin masih ada yang bingung dengan kalimat saya, maksud saya disini adalah ketika kita ketikkan perintah pada Command Prompt, hasilnya tidak langsung muncul di layar melainkan akan ada sebuah file yang berisikan perintah yang seharusnya muncul di layar. Umumnya file ini berformatkan txt yang bisa dibuka melalui notepad dan formatan doc yang bisa di buka melalui MS Word

Oke kita lanjut, sebenarnya cara ini sangat mudah untuk diingat dan di praktekkan, cukup dengan menulis lambang > diikuti oleh nama file yang akan kita buat dan binggo! sebuah file yang kita maksud akan terbuat secara otomatis.
sebagai contoh :
saya ketikkan ipconfig > contoh.txt pada command prompt maka akan terbuatlah file yang bernama contoh dengan formatan txt yang berisi catatan ip kita
kita langsung saja mempelajari step by step cara Menyimpan hasil perintah Command Prompt ke dalam file

  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard anda lalu ketikkan CMD dan tekan enter
  • Ketikkan drive mana yang anda ingin taruh file nya, saya memilih drive D maka saya menulis D: ( jika anda memilih drive E maka tulislah E: )
  • Kemudian ketikkan  ipconfig > contoh.txt lalu tekan enter
Menyimpan hasil perintah Command Prompt ke dalam file

  • Periksalah drive D anda maka akan terbuat sebuah file yang bernama contoh :)
Silakan dicoba masing masing, sekian dulu artikel tentang Menyimpan hasil perintah Command Prompt ke dalam file
Semoga bermanfaat untuk anda.
Jangan lupa juga untuk membaca 99 perintah run pada windows xp

2 comments

  1. jadi teringat masa-masa kompi dulu pasih pake MS-DOS...mantabs :)

    ReplyDelete